Dialog Kerukunan Umat Beragama

Kata sambutan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dibacakan oleh Bapak Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Labuhanbatu Utara, Bapak H. Saparuddin, MA. Dalam sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini ini baru pertama kali dilaksanakan dengan melibatkan mahasiswa dan pelajar peserta dialog kerukunan umat beragama. Diharapkan  dengan melibatkan mahasiswa/mahasiswi dan pelajar dalam dialog ini, maka akan memperoleh masukan yang bermanfaat dalam dialog ini karena kita tahu mahasiswa dan pelajar sebagai harapan masa depan bangsa dalam mengemban amanah kepemimpinan dan

agen perubahan sosial yang harus dibekali dengan pengetahuan, pengalaman dan kebijaksanaan yang cukup dalam menyikapi pluralitas bangsa yang memang sangat tinggi. Kegiatan ini akan dianggarkan  untuk menjadi agenda tahunan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Labuhanbatu Utara yang bertujuan untuk menggali dan memperoleh informasi tentang kerukunan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara.  Kaban Kesbang juga memberikan apresiasi kepada ketua dan anggota FKUB Kab.Labuhanbatu Utara yang telah bekerja selama ini dalam menjaga kerukunan di bumi basimpul kuat berbentuk elok ini.

Penyampaian Materi oleh Bapak Drs. H. Aminurassyid Aruan, Ketua FKUB Kabupaten Labuhanbatu Utara. Bapak Drs. H. Aminurassyid Aruan menyampaikan bahwa manusia sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk memanfaatkan alam ini dan diharapkan dapat berinteraksi dengan sesamanya dengan baik. Dalam kehidupannya manusia harus menjaga kerukunan baik dengan sesamanya yang seagama maupun dengan yang berlainan agama. Komunikasi atau dialog antar umat beragama sangat penting dilakukan seperti kegiatan saat ini karena dengan dialog kita dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Seperti halnya dalam sebuah keluarga, keluarga yang baik adalah keluarga yang menjalin komunikasi yang baik. Sebagai forum yang dibentuk oleh pemerintah, Forum Kerukunan Umat Beragama memiliki tugas antara lain :

  • Melaksanakan dialog
  • Menerima aspirasi dari masyarakat
  • Menyampaikan aspirasi masyarakat ke pemerintah
  • Mensosialisasikan peraturan pemerintah yang berhubungan dengan kerukunan beragama
  • Membuat rekomendasi pemberian izin membangun rumah ibadah (FKUB Kabupaten)

Bapak Aminurassyid juga menyampaikan apabila masing-masing kita bisa saling menghargai orang lain maka akan tercipta masyarakat yang damai

Penyampaian Materi oleh Bapak H. Syafaruddin Lubis,SH.M.Si, Kasubag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama Kementrian Agama Propinsi Sumatera Utara. Bapak H.Syafaruddin Lubis, SH.M.Si menyampaikan  bahwa kerukunan itu sangat penting.Salah satu tugas pokok dari Kementrian Agama adalah memelihara kerukunan umat bergama.  Terganggunya kerukunan umat beragama di satu tepat saja dapat menggangu stabilitas nasional.  Apabila sampai terjadi konflik antar umat beragama maka akan menghabiskan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk pemulihannya.  Kerukunan umat beragama sudah dibina oleh para pendahulu kita, kita sebagai generasi penerus tinggal meneruskan dan memelihara kerukunan tersebut. Untuk para kaum muda sebagai pengguna sosial media mari kita cerdaskan diri kita dalam bermedia sosial di era digital ini karena bila salah menggunakan akan memicu konflik. Karena akhir-akhir ini sering kali SARA digunakan untuk memicu konflik dan semakin mudah penyebarannya melalui media sosial.